Trading dan psikologi

Buka akun trading binary
Menjalani binary options tanpa menggunakan strategi sama saja bertaruh dengan hanya mengandalkan faktor keberuntungan atau BEJO. Sangat penting untuk menggunakan strategi yang terbukti akurat saat melakukan trading. Namun bagaimana pun juga, keadaan psikologi, khususnya kontrol diri seseorang juga memegang peranan penting dalam hal ini.
 
Dimulai dengan mengamati keadaan markets lalu siap untuk ber-trading. Lalu ia merasa berterima kasih sekali atas strategi yg ia gunakan. Ini merupakan gambaran keadaan yg ideal. Mari kita ubah keadaannya. Anggap saja, kegiatan trading tidak berawal dengan baik. Anggap saja, dia kalah dalam tradingnya. Dia kehilangan apa yg telah ia investasikan pada kali pertamanya. Begitu juga, pada kesempatan kedua investasinya. Hal pertama yang muncul di pikirannya mungkin “Strategi saya kurang bagus.” Pikiran seperti itu sebenarnya tidak benar. Jika sebuah strategi telah terbukti memberikan hasil yang baik pada kesempatan sebelum-sebelumnya, itu tetap sebuah strategi yang bagus, walaupun kita kalah saat menggunakannya di kesempatan tertentu. Nah, jika investasi kita tidak berjalan dengan baik, itu berarti ada hal salah yang kita lakukan. Apakah itu? 

Terkadang, kita menggunakan cara yang menurut sisi psikologi adalah hal yang salah terhadap strategi yg kita gunakan. Hal pertama yang sering dilakukan seorang trader apabila investasinya tidak berjalan baik adalah keinginannya untuk terus mencoba bertaruh terus menerus. Karena kekalahannya, ia semakin ingin mencoba untuk berinvestasi berharap menang, demi menutupi kekalahannya. Dari situ, ia coba mengubah atau memodifikasi salah satu cara yang tercantum didalam strategi manajemen uang. Ia mulai untuk berinvestasi sejumlah uang yang tidak sesuai dengan strategi plan yg ia miliki. Ini adalah sebuah kesalahan.
Saat seperti merupakan kondisi dimana keadaan psikologi menjadi ‘senjata’ yang paling efektif. Kemampuan mengontrol diri sangatlah penting. Kita harus menelaah masalah dengan sangat objektif dan tidak panik dan gusar. Kita harus siap dan mau untuk mengatakan. “Cukup untuk saat ini.” Hal seperti ini yang disebut kemampuan mengontrol diri penting bagi para trader yang telah sukses.
Strategi yang bagus bukanlah satu-satunya jaminan untuk sebuah kesuksesan. Itu hanyalah sebuah cara yang telah kita temukan yang bisa membantu kita mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini berarti bahwa kekalahan memang bagian dari sebuah ‘game’ dan senjata terbaik untuk menghadapinya adalah pendekatan psikologi yang kita gunakan. Pendekatan psikologi bisa merupakan keadaan psikologi kita saat berhadapan dengan kekalahan.
Saat melakukan kegiatan trading, kita seharusnya tidak kewalahan dengan ‘menang’ dan ‘kalah’ yang dialami. Saat kita memutuskan untuk mengakhiri sesi kegiatan trading, coba untuk menganalisa kegiatan trading yang dilakukan pada hari itu. Hal ini dapat membantu untuk introspeksi diri, apakah kegiatan trading yang telah dilakukan cocok untuk diri anda atau tidak. Jika jawabannya cocok, otomatis kegiatan ini akan sangat menguntungkan bagi anda.  

Buka akun trading binary

Post a Comment